ChatGPT: Perkenalkan, Ai Viral Yang Mulai Meresahkan.

Chepi D
3 min readApr 1, 2023

--

Chat GPT

Mungkin kalian udah sering denger nih, sama yang namanya ChatGPT. Buat yang belum tau apa itu ChatGPT, ChatGPT adalah program Ai terlatih yang menggunakan data dari banyak sumber di internet. ChatGPT bisa menjawab banyak pertanyaan tentang apa aja, bisa kasih saran atau ide yang kalian butuhin. Bahkan, kalau kalian seorang programmer, dia bisa bantu kalian untuk nulis barisan code yang kalian perluin.

kalian cuma perlu masukin command atau yang biasa disebut prompt yang tepat ke dalam ChatGPT. Buat kalian yang belum pernah coba, kalian bisa akses melalui link ini: https://chat.openai.com/. Lalu kalian hanya perlu Login atau Sign Up kalau kalian belum account, dan kalian bisa mulai menggunakan ChatGPT.

ChatGPT by Open Ai
ChatGPT Login Page
Preview Logged in User

Nah, setelah berhasil login, kalian akan dibawa ke dashboard ChatGPT seperti ini:

ChatGPT dashboard

ChatGPT yang akan kalian pakai ini versi Free ya. Dan dia menggunakan engine versi 3.5. Untuk bisa akses ChatGPT versi 4.0, kalian harus upgrade ke versi ChatGPT Plus. Disini gw hanya akan bahas yang versi free aja ya.

Ok, disini kalian udah bisa mulai nanya apapun yang kalian mau. Tinggal tulis aja di kolom Send a message. Disini gw akan mulai dengan pertanyaan ini;

Halo, jelaskan tentang asal usul kamu, siapa yang menciptakan kamu, dan apa saja yang bisa kamu lakukan?”

Nah, ini jawaban dari ChatGPT guys. Btw, doi juga bisa diajak ngobrol pake bahasa Indonesia lho. Keren kan?.

Lanjut, pertanyaan kedua gw masih standard aja sih, yaitu; “Apakah kamu punya keterbatasan dalam hal menjawab pertanyaan saya? Dan apakah saya juga punya keterbatasan dalam hal jumlah pertanyaan yang saya tanyakan”.

Dari jawabannya, intinya sih.. ChatGPT punya sumber data yang sangat besar (pastinya), dan dia terlatih untuk memberikan reaksi atau menjawab pertanyaan kalian berdasarkan sumber data tersebut. Jadi dia memang dilatih untuk merespon dengan bahasa manusia. Anggap aja kalian ngobrol sama personal asisten. Bedanya, asisten ini dalam bentuk Ai (Artificial Intellegent).

Menurut gw, kalian yang belum tahu dan belum pernah coba ChatGPT, kalian harus coba sih. Karena chat Bot atau Ai seperti ini akan semakin banyak dan semakin maju teknologi.

Gw akan coba bahas lebih lanjut tentang ChatGPT di tulisan-tulisan selanjutnya. Kenapa harus bahas Ai/ChatGPT? Ga ada alasan tertentu kok, cuma karena ini sangat menarik aja buat gw, dan memang gw lagi suka ngulik aja seputar ChatGPT ini.

So, jangan lupa ya, buat yang mau coba, klik link yang udah gw cantumin di atas, dan.. selamat berbincang dengan Ai viral yang mulai meresahkan.

Buat kalian yang butuh bantuan untuk Grow di dunia digital, cek link ini ya: FRMWRK.

--

--

Chepi D

I Design, Manage and Create Things. Currently running FRMWRK.